Wednesday, September 16, 2015

UMMku

UMM adalah singkatan Universitas Muhammadiyah Malang yang didirikan pada tahun 1964. Terdapat 3 kampus yang dimiliki oleh UMM. Antara lain Kampus 1 di Jl. Bandung No 1. Kampus 2 di Jl. Bendungan Sutami 188a. dan satu lagi adalah kampus pusat karena kampus terbesar di Jl. Raya Tlogomas. UMM memiliki sebutan kampus putih atau the white campus. Warna bendera nya adalah warna biru bertuliskan tinta emas. LAmbang UMM sendiri memiliki makna atau arti pada setiap komponennya. Arti Lambang atau makna dari lambang UMM adalah :
  1. Tulisan Arab Muhammadiyah yang melambangkan sebagai pengikut ajaran Nabi Muhammad SAW
  2. Matahari bersinar 12 yang melambangkan Muhammadiyah yang berdiri pada tahun 1912
  3. Dua kalimat syahadat yang memiliki arti sebagai ikrar dalam ajaran agama Islam yaitu kesaksian, bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan nabi Muhammad adalah utusan Allah.
  4. Padi dan kapas yang bermaksud agar menuju keadilan dan kemakmuran, berupa sandang dan pangan, serta tabiat seperti padi semakin berisi semakin tertunduk
Jas Almamater UMM berwarna merah, topi nya juga berwarna merah. Sering kali UMM dikenal dengan kampus putih ber jas merah. UMM juga memiliki jargon WE LOVE UMM. Kelengkapan seragam yang harus dipakai antara lain adalah dasi, jas almamater dan bagi perempuan wajib menggunakan rok yang tidak ketat.

Lagu yang wajib dihafal sebagai mahasiswa UMM antara lain adalah lagu sang surya, dengan lirik

Sang Surya telah bersinar
Syahadat 2 melingkar
Warna yang hijau berseri
Membuatku rela hati

Ya Allah tuhan robbiku
Muhammad junjunganku
Al Islam Agamaku
Muhammadiyah gerakanku

Diufuk fajar cerah gemerlapan
mengusir kabut hitam
menggugah kaum muslimin
tinggalkan peraduan

Lihatlah matahari telah tinggi
diufuk timur sana
seruan Ilahi Robbi
Sami'na wa atha' na

Selain lagu, UMM juga memiliki berbagai bisnis,antara lain yaitu hotel UMM, SPBU, bengkel temoat motor, tempat wisata sengkaling, tempat penerbitan buku, dan yang paling terkenal dan paling sering digunakan untuk mengadakan konser adalah Dome UMM.

 Sumber:(http://www.umm.ac.id/id/page/0102/tentang-umm.html)


No comments:

Post a Comment