Wednesday, September 16, 2015

Perkembangan dan Kemajuan Teknologi

Pada tahun-tahun setelah kemerdekaan, perkembangan dan kemajuan teknologi terutama di Indonesia melaju sangat pesat, diakibatkan dengan semakin mudahnya hubungan dengan luar negeri. Sehingga kemajuan teknologi pun sangat mudah tersebar di seluruh dunia ini. Semakin kesini, di era globalisasi pun tentu saja teknologi sudah sangat semakin canggih. Mulai dari sektor komunikasi, transportasi dan sektor-sektor lainnya telah mengalami pekembangan yang cukup signifikan.

Salah satu contohnya adalah perkembangan teknologi pada bidang komunikasi, sudah banyak jenis jenis gadget yang keluar, yang semakin memudahkan kita untuk berkomunikasi. Tidak hanya memudahkan kita untuk berkomunikasi, tetapi juga terdapat banyak pilihan gadget yang jelas cocok untuk kita. Mulai dari segi harga, ada yang murah, yang mahal pun ada. Selain itu dari sisi bentuk, ada yang kecil dan tebal, hingga ada juga yang lebar dan tipis. Semua merk gadget telah menyediakan berbagai jenis gadget, yang terancang untuk membuat senang para pemakainya. Dengan berkembangnya gadget di era ini, maka kita juga semakin dimudahkan dalam memanfaatkan fitur-fiturnya. Salah satunya yang paling sering digunakan adalah kamera. Kita tidak perlu lagi membawa foto atau kamer SLR berat-berat jika ingin mendapatkan hasi jepretan yang bagus, melainkan kita bisa saja hanya menggunakan kamera HP yang sudah sangat bagus kameranya untuk mendapatkan hasil jepretan yang tidak kalah bagusnya.
 
Perkembangan teknologi pada komunikasi pun tentu saja sangat mempermudah kita dalam berhubungan dengan orang yang jauh, bahkan yang ada di luar negeri sekalipun. Yaitu dengan menggunakan mdia sosial, yang terdapat pada HP kita semua. Kita dapat dengan mudah mengontak orang yang jauh, baik secara videocall atau phone call. Cukup mudah kan? Oleh karena itu, khususnya bagi para perantau seperti saya, tidak perlu khawatir karena dapat dengan mudah berhubungan dengan orangtua.

Untuk selanjutnya, perkembangan teknologi juga harus diiringi dengan iman dan taqwa yang kuat. Sehingga kita dapat dengan tegas memilah-milah atau menyaring mana yang baik untuk kita, dan mana yang buruk untuk kita. karena jika bukan kita sendiri yang memilah maka siapa lagi. Di samping dampak positif yang diberikan seiring berkembangnya Teknologi, tentu saja itu juga membawa dampak negatif. Antara lain, dengan semakin mudahnya manusia berkomunikasi secara tidak nyata atau maya di dunia Internet, maka rasa sosialisasi kepada masyarakat pun tentu saja sedikit berkurang. Selain itu, tanpa kita sadari akan muncul rasa apatisme. Karena, jika kita sedang berkumpul, bukannya mengobrol satu sama lain, malah tentu saja sibuk karena keasikan main gadget yang dimiliki masing-masing. Selain itu, gadget juga dapat menimbulkan strata sosial. Anak yang memiliki gadget bagus terkadang suka memiliki sifat sombong dan semena-mena terhadap anak yang mampu membeli gadget murahan.

Tapi, dibalik dampak-dampak yang diberikan seiring dengan berkembangnya Teknologi, khususnya pada bidang komunikasi, jika disertai iman dan taqwa sehingga kita dapat memilah mana yang baik dan buruk tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kita. Oleh karena itu, kita harus senantiasa mengimbangi perkembangan teknologi dengan iman dan taqwa yang kuat.

Sumber:(https://www.google.com/search?q=perkembangan+teknologi&ie=utf-8&oe=utf-8)

No comments:

Post a Comment