Wednesday, September 16, 2015

Surabayaku

Surabaya adalah kota tempat saya dilahirkan. Surabaya adalah kota yang sangat hijau, bersih dan rindang. Surabaya adalah kota pelabuhan sejak periode Majapahit. Oleh karena itu, karena tempatnya yang strategis maka Surabaya juga sering kali dikenal dengan perdagangannya. Surabaya lebih banyak didominasi oleh orang Jawa Timur. Tapi tidak hanya orang jawa saja, masyarakat dari berbagai etnis, juga ada di Surabaya. Contohnya cina juga ada, justru berbagai bidang dalam jual beli sering didominasi oleh masyarakat cina. Selain itu, etnis arab juga ada. Malah justru ada tempatnya, ada di ampel namanya. kira-kira hampir 99% penduduk Ampel adalah orang-orang arab atau orang-orang keturunan Arab.

Budaya yang sangat mengakar pada orang Surabaya adalah tentang bahasa. Sudah sangat umum bahwa Surabaya terkenal dengan bahasa nya yang 'medok' atau logat yang sangat kental. Sehingga jika menonton TV, kita dapat mengenali seseorang itu berasal dari surabaya atau bukan. Logatnya yang khas kadang suka disalah artikan, karena orang Surabaya saat berbicara tegas dan cepat, sering kali disalah artikan menjadi marah dan emosi. Budaya selanjutnya yang mengakar adalah orang Surabaya terkenal dengan boneknya. Yang patut kita acungi jempol kepada tim hijau hijau ini adalah mengenai kekompakan dan rasa kekeluargaan yang mereka punya.

Untuk makanannya sendiri, di Surabaya yang paling asli dan sudah jarang ditemukan adalah semanggi. Banyak turis-turis dari luar negeri yang suka makanan ini. Rasanya mungkin hampir sama dengan pecel. Tapi perbedaan isinya yang membuat itu menjadi ciri khas. Selain itu, camilan di Surabaya yang cukup terkenal dikalangan anak muda adalah Almond Crispy Cheese. Ada berbagai rasa yang ditawarkan, ada green tea, ada keju, ada original, dan banyak lagi. Makanan ini adalah salah satu mkanan yang lagi hits asal Surabaya. Rasanya mungkin sama seperti kue kering, tapi lebih karah biskuit yang renyah. Sehingga rasa manisnya sangat disukai oleh kalangan remaja.

Semenjak Surabaya di walikotai oleh Ibu Tri Risma, kota Surabaya menjadi sangat terkenal dengan tata kota dan tata taman yang sangat indah. Taman-taman yang selalu hijau dan selalu dirawat, bahkan disirami tiap pagi membuat seluruh taman di Surabaya menjadi sangat hijau dan sangat indah. Sehingga, taman yang indah dan hijau selalu menjadi ciri khas arek Suroboyo. Sangat cocok untuk tempat bersantai bersama keluarga saat hari libur. Salah santu contohnya adalah Taman Bungkul, setiap minggu, disana selalu ada acara car free day, ada jogging track, ada komunitas bersepeda fixie. setiap warga Surabaya dapat dengan mudah dan gratis berjalan-jalan disana, dengan jalan kaki atau bersepeda. Melihat-lihat acara acara yang diadakan disana, membeli makanan, dan sebagainya. Taman-taman kota di Surabaya merupakan taman yang benar-benar sangat direkomendasikan untuk para pelancong yang datang ke Surabaya.







Sumber:(http://www.sparklingsurabaya.info/about-surabaya/people-a-culture)

No comments:

Post a Comment