Wednesday, September 16, 2015

Tips

Selama 4 hari dari hari pertama saya mnegikuti aplinet, banyak tips atau cara untuk membuat banyak hal. Antara lain :
Cara berkomunikasi dengan google Google memiliki jangkauan atau cakupan yang luas dalam memberikan data dan informasi, sehingga jika kita ingin berkomunikasi dengan google agar google dapat memahami apa yang kita inginkan, dan menspesifikkan ke arah yang kita cari, kita dapat melakukan beberapa hal, yaitu antara lain :
  • Kita dapat memberi petik di awal dan akhir kalimat jika tidak ingin kalimat yang kita cari terpisah perkata. Contohnya, jika kita menulis "Dampak positif perkembangan teknologi", jika tidak kita beri tanda petik, maka pada google yang keluar sekitar 625.000 data, data terebut didapatkan dari file atau dokumen-dokumen yang mengandung kata dampak, positif, perekbangan, dan teknologi. Lain halnya jika kita memberi petik pada awal dan akhir kalimat, maka dokumen yang muncul adalah yang mempunyai kalimat itu secara utuh tanpa terpisah-pisah. Sehingga hasil yang didapat lebih spesifik dan sesuai dengan apa yang akan kita cari.
  • Kita juga dapat memilih, dalam bentuk file atau dokumen apa yang akan kita butuhkan, contohnya, kita membutuhkan artikel "Dampak positif perkembangan teknologi" dengan menggunakan File pdf. Oleh karena itu, kita cukup dengan menambahkan filetype:pdf. dengan mengetikkan itu saja maka kita dapat dengan mudah menemukan File tentang dampak tersebut dalam bentuk pdf. Itu berlaku juga kalau kita membutuhkannya dalam file doc, ppt, xls, dan lain-lain.
  • Selain kita dapat mencari dengan filenya, kita juga dapat merubah bahasanya, dalam artian kita mencari artikel dalam bahasa arab atau inggris, itu semua dapat diatur melalui setting lalu penelusuran lebih lanjut.
Sangat mudah kan? jika kita tahu cara dan triknya untuk berkomunikasi dengan google, maka kita juga dapat dengan mudah mendapatkan apa yang kita cari dengan lebih spesifik. Selain google, kita juga dapat dengan mudah menggunakan applikasi Google drive.

Syarat menggunakan google drive adalah kepemilikan gmail. Cara membuat gmail cukup mudah, dengan mengakses gmail.com lalu kita sign up dan mengikuti alurnya. Lalu dipojok kanan, ada applikasi google drive yang dapat kita gunakan, mengapa google drive sangat berguna? karena google drive dapat menyimpan 15 GB dengan mudahnya, tanpa harus kita membeli harddisk atau flashdisk terlebih dahulu. Apalagi jika kita menggunakan flashdisk maka kemungkinan flashdisk ketinggalan atau hilang sangatlah besar. Lain halnya dengan google drive yang dapat diakses dimana saja, kapan saja dan oleh kita saja. Pada applikasi google drive ini lebih mengarah pada Penyimpanan file-file atau dokumen, macam-macam, baik itu file docs, ppt atau yang lain. Setelah kita membuat di google drive, kita diberi failitas untuk dapat mengcomfortnya menjadi file-file yang kita inginkan, seperti ke Ms. words, powerpoint dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment